Memproteksi Jaringan Komputer


Ada beberapa langkah yang dapat digunakan untuk memproteksi atau meningkatkan kemampuan proteksi sistem jaringan komputer, antara lain dengan merumuskan dan membuat sebuah kebijakan tentang sistem pengamanan yang andal (higher security policy) dan menjelaskan kepada para pengguna tentang hak dan kewajiban mereka dalam menggunakan sistem jaringan.

Kemudian melakukan konsultasi dengan para ahli pengamanan sistem komputer untuk mendapatkan masukan yang profesional tentang bagaimana meningkatkan kemampuan sistem pengamanan jaringan yang dimiliki. Melakukan instalasi versi terbaru dari software atau utility yang dapat membantu memecahkan permasalahan pengamanan jaringan komputer.

Mempekerjakan seorang administrator jaringan yang telah berpengalaman untuk menangani jaringan tersebut. Menggunakan mekanisme sistem authentikasi terbaru dalam jaringan (advanced authentication mechanism). Selalu menggunakan teknik enkripsi dalam setiap melakukan transfer data atau komunikasi data. Dan tidak kalah pentingnya menginstalasi sebuah sistem Firewall pada jaringan komputer untuk melindungi Proxy Server.

Peralatan untuk memproteksi jaringan komputer. Network administator atau system administrator tentu memerlukan berbagai peralatan (tools) untuk membantu mengamankan jaringan komputernya. Beberapa tools bahkan memang dibuat spesial dalam rangka melakukan testing sistem jaringan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari sebuah sistem jaringan komputer.

Di antaranya, SATAN (Security Administrator̢۪s Tool for Analysing Network) kemudian ada TCP WRAPPER untuk memonitor jaringan komputer lalu CRACK untuk melakukan testing password security. FIREWALL, adalah sebuah sistem proteksi untuk melaksanakan pengawasan lalu lintas paket data yang menuju atau meninggalkan sebuah jaringan komputer sehingga paket data yang telah diperiksa dapat diterima atau ditolak atau bahkan dimodifikasi terlebih dahulu sebelum memasuki atau meninggalkan jaringan tersebut.

Walaupun peralatan untuk melakukan hacking tersedia dalam jumlah yang banyak, tidak semua peralatan tersebut dapat dipergunakan secara efektif, bahkan beberapa peralatan tersebut sudah out of date saat ini sehingga bukan merupakan ancaman lagi. Namun begitu peralatan lainnya masih sangat ampuh sebagai senjata para hacker.

Dengan demikian, seorang network consultant juga dibutuhkan pendapat profesionalnya serta bantuannya untuk meningkatkan kemampuan total seluruh sistem jaringan komputer.

Tidak kalah penting adalah melaksanakan back up data secara reguler (harian, mingguan, atau bulanan) untuk mengantisipasi bila terjadi kerusakan atau kehilangan seluruh data penting yang disebabkan serangan hacker sehingga dengan mudah dan cepat dapat dilakukan recovery seluruh sistem jaringan komputer tersebut.

Kemudian para system administrator juga harus rajin menginformasikan kepada para pengguna (user) mengenai hak dan kewajibannya dalam menggunakan jaringan. Para user perlu diajari cara benar menggunakan jaringan komputer secara aman seperti bagaimana cara membuat password yang baik dan sebagainya.

Pada akhirnya "keamanan" adalah sesuatu yang tidak pernah ada atau tidak akan pernah ada dalam dunia jaringan Internet. Sebab, apa yang kita anggap aman (secure) pada saat sekarang akan terbukti menjadi tidak aman (insecure) pada masa yang akan datang. Jadi pada prinsipnya Internet security hanyalah sebuah kisah yang tidak akan pernah berakhir (It is just another never-ending story).

0 Response to Memproteksi Jaringan Komputer

Posting Komentar