Komputer Jaringan


Suatu jaringan komputer adalah suatu kelompok komputer saling behubungan. Jaringan mungkin digolongkan menurut suatu karakteristik yang luas . Artikel ini menyediakan suatu ikhtisar beberapa bentuk dan kategori [yang] umum dan juga menghadiahi komponen dasar suatu jaringan.

Pengenalan ke Komputer Jaringan



Suatu jaringan adalah suatu koleksi komputer yang dihubungkan ke satu sama lain. Jaringan mengijinkan komputer untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dan berbagi sumber daya dan informasi. Advance Riset Merancang Agen ( ARPA) yang dirancang " Mengedepan Riset Merancang Agen Jaringan" ( ARPANET) karena Amerika Serikat Departemen Pertahanan. Adalah menjadi jaringan komputer yang pertama di dunia akhir tahun1960 dan awal 1970


Jaringan Penggolongan


Daftar berikut menghadiahi kategori menggunakan untuk penggolongan jaringan. Skala yang didasarkan pada skala Mereka, jaringan dapat digolongkan seperti Area Lokal Jaringan ( LAN), Area Lebar Jaringan.Area Metropolitan Jaringan ( MAN), Area Pribadi Jaringan ( PAN),Virtual Pribadi Jaringan ( VPN) dll.
Cara Berkoneksi
Jaringan komputer dapat juga digolongkan menurut perangkat keras dan lunak teknologi yang digunakan untuk saling behubungan satu sama lain di dalam jaringan, seperti Fiber optik, Ethernet, LAN Tanpa kawat, HomePNA, atau Komunikasi saluran listrik.
Ethernet menggunakan phisik pemasangan kawat untuk menghubungkan alat. alat sering menyebar meliputi Hub, Switches, penerus atau routers.
LAN teknologi tanpa kawat dirancang untuk menghubungkan alat tanpa pemasangan kawat. Alat ini menggunakan gelombang radio atau inframerah isyarat sebagai medium transmisi.


Hubungan fungsional ( Jaringan Arsitektur)


Jaringan komputer mungkin digolongkan menurut hubungan fungsional yang ada di antara unsur-unsur dari jaringan, e.g., Networking Aktip, Client-Server dan Peer-To-Peer ( workgroup) arsitektur.


Jaringan Topologi


Jaringan komputer mungkin digolongkan menurut topologi jaringan atas mana jaringan didasarkan, seperti Bus Jaringan, Star jaringan, cincin jaringan, mata jala Jaringan, Star-Bus jaringan, Pohon atau jaringan topologi Hirarkis, Jaringan Topologi menandakan cara yang ditempuh oleh alat di dalam jaringan dilihat dari hubungan logis mereka ke satu sama lain. Penggunaan dari istilah " logis" di sini penting. Itu adalah, topologi jaringan yang tidak terikat pada " phisik" tataruang jaringan. Sekalipun komputer networked secara phisik ditempatkan di suatu pengaturan linier, jika mereka dihubungkan melalui suatu pusat, jaringan mempunyai suatu bintang Topologi, bukannya suatu Bus Topologi. Mengenai ini karakteristik operasional dan yang visuil suatu jaringan beda, topologi jaringan yang logis tidaklah perlu sama halnya tataruang phisik.


Jenis jaringan


Di bawah adalah daftar jenis yang paling umum jaringan komputer disusun menurut skala.


Area Pribadi Jaringan ( PAN)


Suatu jaringan area pribadi ( PAN) adalah suatu jaringan komputer menggunakan untuk komunikasi antar alat komputer dekat dengan seseorang. Beberapa contoh alat yang digunakan suatu PAN adalah pencetak, fax mesin, telepon, PDA dan scanners. Jangkauan suatu PAN secara khas sekitar 20-30 kaki ( yang kira-kira 6-9 meter), tetapi ini diharapkan dapat meningkat dengan kemajuan teknologi.


Area Lokal Jaringan ( LAN)


Ini adalah suatu jaringan mencakup suatu area mengenai sebagian kecil ilmu bumi, suatu rumah, kantor, atau bangunan. Arus LAN paling mungkin untuk di didasarkan pada teknologi Ethernet. Sebagai contoh, suatu perpustakaan mungkin punya suatu LAN yang tanpa kawat atau sambungan untuk para pemakai yang saling dihubungankan alat lokal ( e.g., server dan pencetak) dan untuk menghubungkan kepada internet. Pada suatu sambungan LAN, PC di perpustakaan secara khas dihubungkan oleh kategori 5 ( Cat5) kabel, menjalankan IEEE 802.3 protokol melalui suatu sistem saling behubungan alat dan cepat terhubung pada Internet. Kabel server secara khas pada Cat 5E meningkatkan kabel, yang akan mendukung IEEE 802.3 pada 1 Gbit/S. Suatu LAN tanpa kawat mungkin hadir penggunaan adalah suatu IEEE protokol berbeda, 802.11b, 802.11g atau mungkin 802.11n. staff Komputer dapat sampai kepada pencetak warna, gerbang keluar arsip, dan jaringan akademis dan Internet.


Semua pemakai komputer dapat sampai kepada Internet dan kartu catalog. Masing-Masing workgroup dapat sampai kepada pencetak lokal nya. Bahwa pencetak tidaklah dapat diakses dari luar workgroup mereka.


Perpustakaan khas Jaringan, disuatu topologi pohon bercabang dan mengawasi akses ke sumber daya. Semua alat saling behubungan harus memahami lapisan jaringan ( lapisan 3), sebab mereka sedang menangani berbagai subnets ( warna yang berbeda). perpustakaan Di dalam itu, yang hanya mempunyai 10/100 Mbit/S Ethernet koneksi kepada alat pemakai dan suatu Gigabit Ethernet koneksi kepada penerus yang pusat, bisa disebut " lapisan 3 tombol" sebab mereka hanya mempunyai Ethernet alat penghubung dan harus memahami IP. Akan lebih mengoreksi. untuk mengakses penerus, penerus ada di puncak adalah suatu penerus distribusi yang menghubungkan kepada Internet dan akademis pelanggan jaringan mengakses penerus. Penjelasan karakteristik LANS, berlawanan dengan WAN (wide area networks), meliputi yang lebih tinggi data perpindahan tingkat tarip mereka, cakupan mengenai ilmu bumi lebih kecil, dan ketiadaan suatu kebutuhan untuk bentuk telekomunikasi disewa. Arus Ethernet atau IEEE lain 802.3 LAN teknologi beroperasi pada kecepatan sampai kepada 10 Gbit/S. Ini menjadi tingkat tarip perpindahan data. IEEE mempunyai proyek menyelidiki standardisasi 100 Gbit/S, dan mungkin 40 Gbit/S.


Kampus Area Jaringan (CAN)


Ini adalah suatu jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LANS tetapi itu pada suatu area geografis berdekatan dan spesifik seperti suatu perguruan tinggi kampus, kompleks industri, bangunan kantor, atau suatu basis militer. Suatu CAN mungkin adalah dipertimbangkan jenis MAN( jaringan area metropolitan), tetapi biasanya pada suatu area lebih kecil dibanding MAN khas. Istilah ini adalah paling sering digunakan untuk mendiskusikan implementasi jaringan untuk suatu area berdekatan. Ini harus tidak dikacaukan dengan suatu Pengontrol Area Jaringan. Suatu LAN menghubungkan alat jaringan atas suatu jarak pendek. Suatu jaringan bangunan kantor, sekolah, atau rumah pada umumnya berisi LAN tunggal, meskipun demikian kadang-kadang orang bangunan akan berisi beberapa kecil LANs, dan adakalanya suatu LAN akan memutar suatu kelompok bangunan dekat. Di dalam jaringan TCP/IP, suatu LAN sering sigunakan tetapi tidak selalu menerapkan sebagai IP tunggal subnet.

Area Metropolitan Jaringan ( MAN)



Suatu Area Metropolitan Jaringan adalah suatu jaringan yang menghubungkan dua atau lebih Area Lokal atau Jaringan Kampus Area Jaringan bersama-sama tetapi tidak meluas di luar batasan-batasan dari kota. Routers, switches dan Hub dihubungkan untuk menciptakan suatu Area Metropolitan Jaringan.


Area Luas Jaringan (WAN)


Suatu WAN adalah suatu komunikasi data jaringan yang suatu area mengenai ilmu bumi luas ( yaitu. satu kota besar yang lain dan satu negeri negeri yang lain ) dan bahwa sering menggunakan fasilitas transmisi yang disajikan oleh angkutan umum, seperti perusahaan telepon. Teknologi lesu biasanya berfungsi di yang yang lebih rendah tiga lapisan OSI acuan model: lapisan phisik, data menghubungkan lapisan, dan lapisan jaringan.


Area Global Jaringan ( GAN)


Area Global Jaringan ( GAN) spesifikasi adalah di pengembangan oleh beberapa kelompok, dan di sana adalah tidak definisi umum. Secara umum, bagaimanapun, suatu GAN adalah suatu model untuk pendukung komunikasi cepat ke seberang suatu sewenang-wenang jumlah tanpa kawat LANs, area pemenuhan satelit, dan lain lain Kunci menghadapi tantangan di komunikasi cepat adalah " disampaikan batal" komunikasi pemakai dari area pemenuhan lokal kepada yang berikutnya. Di IEEE Rancang 802, ini melibatkan suatu rangkaian jaringan area lokal Tanpa kawat terestrial ( WLAN).
Internetwork
Dua atau lebih segmen jaringan atau jaringan yang dihubungkan menggunakan alat yang beroperasi pada lapisan 3 (lapisan ' jaringan') tentang OSI Acuan Basis dasar Model, seperti suatu penerus. Manapun interkoneksi antar publik, pribadi, komersil, industri, atau jaringan bidang pemerintah boleh juga digambarkan sebagai suatu internetwork.
Di praktek modern, jaringan yang saling behubungan menggunakan Internet Protokol. Ada sedikitnya tiga varian internetwork, tergantung pada pengguna dan siapa yang mengambil bagian pada mereka:
• Intranet
• Extranet
• Internet
Intranets dan extranets boleh atau tidak boleh mempunyai koneksi kepada Internet .Jika dihubungkan kepada Internet, intranet atau extranet secara normal dilindungi dari yang sedang diakses dari Internet tanpa otorisasi sesuai. Internet tidaklah dianggap sebagai bagian dari intranet atau extranet, walaupun mungkin bertindak sebagai suatu pintu gerbang untuk akses ke porsi dari suatu extranet.


Intranet


Suatu intranet adalah satu set jaringan, menggunakan Internet Protokol dan perkakas IP-BASED seperti web browsers dan file memindahkan aplikasi, adalah di bawah kendali kesatuan administratif tunggal. Kesatuan Administratif itu menutup intranet ke nyaris spesifik, memberi hak para pemakai. Paling biasanya, suatu intranet menjadi jaringan yang internal dari suatu organisasi. Suatu intranet besar akan secara khas sudah sedikitnya satu server web untuk menyediakan para pemakai dengan informasi organisatoris


Extranet


Suatu extranet adalah suatu jaringan atau internetwork yang terbatas di (dalam) lingkup ke kesatuan atau organisasi tunggal tetapi yang juga telah membatasi koneksi kepada jaringan satu atau lebih lain pada umumnya, tetapi tidak harus, percaya kesatuan atau organisasi ( e.g. suatu pelanggan perusahaan mungkin mengijinkan masuk beberapa bagian tentang intranet nya menciptakan dengan cara ini suatu extranet, sedang pada waktu yang sama pelanggan tidak mungkin dipertimbangkan ' yang dipercayai' dari suatu sudut pandang keamanan). secara teknis, suatu extranet boleh juga digolongkan sebagai CAN, MAN, WAN atau jenis lain jaringan, walaupun, menurut definisi, suatu extranet tidak bisa terdiri dari LAN tunggal; harus telah sedikitnya satu koneksi dengan suatu jaringan eksternal.


Internet


Internet adalah suatu spesifik internetwork. terdiri dari suatu interkoneksi di seluruh dunia bidang pemerintah, akademis, publik, dan jaringan pribadi mendasarkan atas teknologi networking Dari Internet Protokol Deretan. Adalah menjadi pengganti dari Mengedepan Riset Merancang Agen Jaringan ( ARPANET) yang dikembangkan oleh DARPA dari U.S. Departemen Pertahanan. Internet adalah juga tulang punggung komunikasi mendasari Dunia Web Luas ( WWW). ' Internet' apakah paling umum dieja dengan suatu ' I' sebagai kata benda, karena pertimbangan yang historis dan untuk mencirinya dari umum lainnya internetworks.
Peserta di Internet menggunakan suatu array metoda berbeda beberapa ratus didokumentasikan, dan sering juga menstandardisasi, protokol kompatibel dengan Internet Protokol Deretan dan suatu sistem yang menujukan ( IP Alamat) yang diatur oleh Internet Menugaskan Angka-Angka Otoritas dan pencatatan alamat. Layanan penyedia dan perusahaan besar menukar informasi tentang reachabilas alamat mereka sampai Perbatasan Pintu gerbang Protokol ( BGP), pembentukan suatu mata jala alur transmisi di seluruh dunia berlebih lebihan. Perangkat keras Basis dasar Komponen
Semua jaringan terdiri dari perangkat keras dasar yang membangun blok untuk saling behubungan tangkai pohon urat jaringan, seperti Jaringan Menghubungkan Kartu ( NICS), Jembatan, Hub, Tombol, dan Penerus. Sebagai tambahan, beberapa metoda dalam menghubungkan ini blok bangunan diperlukan, pada umumnya dalam wujud kabel galvanis paling umum Kategori 5 kabel. Lebih sedikit umum adalah gelombang mikro menghubungkan ( seperti di IEEE 802.11) atau kabel berhubung dengan mata


Jaringan Menghubungkan Kartu


Suatu kartu jaringan, orang yang mengadaptasikan jaringan atau NIC ( jaringan menghubungkan kartu) adalah suatu potongan perangkat keras komputer merancang untuk mengijinkan komputer untuk komunikasi di atas suatu jaringan komputer. Menyediakan phisik mengakses kepada suatu medium networking dan sering juga menyediakan suatu sistem menujukan low-level melalui penggunaan MAC alamat. Mengijinkan para pemakai untuk menghubungkan ke satu sama lain yang manapun penggunaan kabel atau WIRELESSLY.THE NIC menyediakan perpindahan data di megabytes.


Pengulang


Suatu pengulang adalah suatu alat elektronik yang menerima suatu isyarat dan memancarkan kembalinya pada suatu yang lebih tinggi kuasa tingkatan, atau kepada sebelah dari suatu penghalang, sedemikian sehingga isyarat bisa meliputi jarak lebih panjang tanpa penurunan pangkat. Di dalam pasangan yang paling terbelit ethernet bentuk wujud, pengulang diperlukan untuk kabel berlari lebih panjang dibanding 100 meter menjauh dari komputer.


Hub


Suatu Hub berisi berbagai pelabuhan. Ketika yang paket tiba di pelabuhan, dicopy untuk semua pelabuhan dari Hub untuk transmisi. Ketika paket dicopy, tujuan menunjuk di dalam bingkai tidak berubah kepada suatu alamat siaran. Mengerjakan ini di dalam suatu cara bersifat elementer: sederhananya menyalin data kepada semua Tangkai pohon urat menghubungkan kepada Hub


Jembatan


Suatu jembatan jaringan menghubungkan berbagai segmen jaringan di data menghubungkan lapisan ( lapisan 2) tentang OSI model. Jembatan tidak sembarangan mengcopy lalu lintas kepada semua pelabuhan, sebab Hub lakukan, tetapi belajar MAC alamat yang mana adalah dapat dicapai melalui pelabuhan spesifik. Sekali ketika jembatan berhubungan suatu pelabuhan dan suatu alamat, akan mengirimkan lalu lintas untuk alamat itu hanya untuk pelabuhan itu. Jembatan mengirimkan siaran kepada semua pelabuhan kecuali orang yang di atasnya siaran diterima.
Jembatan belajar asosiasi pelabuhan dan alamat dengan pengujian alamat sumber bingkai bahwa itu lihat pada berbagai pelabuhan. Sekali se bingkai tiba melalui suatu pelabuhan, alamat sumber nya disimpan dan jembatan berasumsi bahwa MAC alamat berhubungan pelabuhan lalu;maka. Pertama kali yang suatu alamat tujuan yang tak dikenal dilihat, jembatan akan maju bingkai kepada semua pelabuhan selain dari orang yang di atasnya bingkai tiba.
Jembatan masuk tiga jenis dasar:
1. Jembatan lokal: Yang secara langsung menghubungkan jaringan area lokal ( LANs)
2. Jembatan remote: Dapat digunakan untuk menciptakan suatu jaringan area luas ( WAN) menghubungkan antara LANS. Jembatan remote, jika mata rantai menghubungkan adalah lebih lambat dibanding jaringan akhir, yang sebagian besar telah digantikan oleh penerus.
3. Jembatan tanpa kawat: Dapat digunakan untuk menggabung dengan LANS atau menghubungkan setasiun remote ke LANS.


Tombol


Suatu tombol adalah suatu alat yang melaksanakan menswitch. Secara rinci, ke depan dan menyaring OSI lapisan 2 datagrams ( gumpal komunikasi data) antara pelabuhan ( kabel yang dihubungkan) yang didasarkan pada MAC menunjuk di dalam packets. Ini adalah beda dari suatu Hub di dalam itu hanya ke depan datagrams kepada pelabuhan dilibatkan di dalam komunikasi dibanding semua pelabuhan menghubungkan. Pada hakekatnya, suatu tombol tidaklah untuk mampu lalu lintas penaklukan berdasar pada IP alamat ( lapisan 3) yang mana penting untuk berkomunikasi antara segmen jaringan atau di dalam suatu LAN kompleks atau besar. Beberapa tombol adalah untuk mampu penaklukan berdasar pada IP menunjuk tetapi masih disebut tombol sebagai pemasaran terminal Adalah suatu tombol yang secara normal mempunyai banyak pelabuhan, dengan niat menjadi itu paling atau semua jaringan dihubungkan secara langsung kepada tombol, atau tombol yang lain yang pada gilirannya dihubungkan untuk suatu switch.
Tombol adalah suatu pemasaran istilah yang meliputi jembatan dan penerus, seperti halnya alat yang boleh mendistribusikan lalu lintas pada beban atau oleh isi aplikasi ( e.g., suatu Web URL identifier). Tombol boleh beroperasi sependapat atau lebih OSI model lapisan, phisik termasuk, mata rantai data, jaringan, atau pengangkutan ( yaitu., end-to-end). Suatu alat yang beroperasi secara serempak pada lebih dari satu lapisan ini disebut suatu tombol berlapis-lapis.
istilah Yang tidak jelas " tombol" sering memimpin ke arah kebingungan ketika berusaha pertama untuk memahami networking. Banyak para perancang dan operator jaringan berpengalaman merekomendasikan mulai dengan logika alat berhadapan dengan hanya satu tingkatan protokol, tidak semua di tutup oleh OSI.


Penerus


Penerus adalah alat networking yang maju paket data antara jaringan yang menggunakan air dan tabel penyampaian untuk menentukan alur yang terbaik untuk maju paket itu. Penerus bekerja di lapisan jaringan DARI TCP/IP model atau lapisan 3 menyangkut OSI model. Penerus juga menyediakan interconnectivas antara suka dan tidak sama dengan media ( RFC 1812). Ini terpenuhi dengan pengujian Palu air suatu paket data, dan pembuatan suatu keputusan pada loncatan yang berikutnya untuk mana haruslah dikirim ( RFC 1812) Mereka menggunakan rute statis preconfigured, status dari perangkat keras alat penghubung mereka, dan protokol penaklukan untuk memilih rute yang terbaik antara manapun dua subnets. Suatu penerus dihubungkan untuk minimal dua jaringan, yang biasanya dua LANS atau WAN atau suatu LAN dan jaringan ISP'S nya. Beberapa DSL dan kabel modems, untuk rumah ( dan bahkan kantor) penggunaan, telah terintegrasi dengan penerus untuk mengijinkan berbagai rumah komputer untuk mengakses Internet melalui koneksi yang sama. Banyak dari alat yang baru ini juga terdiri dari poin-poin akses tanpa kawat ( waps) atau penerus tanpa kawat untuk memungkinkan Ieee 802.11g/b yang tanpa kawat alat dimungkinkan untuk menghubungkan kepada jaringan tanpa kebutuhan akan koneksi mengawatkan.


NETWORKING Merupakan jaringan antar komputer yang menghubungkan satu komputer dengan jaringan lainnya. untuk menyusun jaringan ini, diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut dengan topology. scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu LAN, WAN, dan MAN. Perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung jaringan diantaranya card jaringan.


WWW atau web saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser.

Local Area Network (LAN)
adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation.


MAN (Metropolitan Area Network)
adalah network dalam skala suatu kota Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.


WLAN (Wireless LAN)
adalah suatu teknologi baru yang dapat dianggap sebagai penambah atau pengganti dari fungsi jaringan LAN yang ada sehingga pengguna tidak lagi dibatasi oelh kabel LAN untuk dapat masuk kedalam jaringan. Dengan menggunakan WLAN maka banyak sekali keuntungan yang diperoleh seperti mobilitas, fleksibilitas, produktivitas dan scalabilitas dan tentunya masih banyak keuntungan lainnya.





0 Response to Komputer Jaringan

Posting Komentar