Mengenal Kabel Network


Kabel Network Siap pakai kini dapat dibeli di toko-toko komputer, namun ada baiknya anda mengenal kabel yang anda beli itu untuk memudahkan anda ketika berkomunikasi dengan pihak toko komputer. Secara fisik kabel network mirip kabel telepon hanya tampak lebih lebar. Konektor yang terpasang pada ujung kabel telepon dikenal sebagai RJ11 sedangkan pada kabel network dikenal sebagai RJ45.

Mulai dari kabelnya

Jaringan komputer sekarang menggunakan kabel UTP (unshielded twistedpair) dengan standar 100Base-TX Fast Ethernet. Standar sebelumnya yaitu 10Base-T tidak perlu anda perhatikan lagi sekarang ini. Ada beberapa klasifikasi kabel yang digunakan untuk jaringan twisted-pair. tapi yang paling populer adalah Category 5 (CAT 5). Masih ada beberapa klasifikasi untuk CAT 5 ini. Untuk pemakaian biasa di gunakan CMR Cable. Kabel CAT 5 dijual dalam bentuk rol di dalam karton berlubang untuk memudahkan penanganannya. Kabel CAT 5 terdiri dari empat pasang kawat berulir (twisted pair wire) sehingga pada kabel itu semuanya terdapat delapan kawat. Setiap pasang kawat ini diberi kode warna, yang pertama warna penuh (biru, jingga, hijau, atau coklat) dan pasangannya yang berulir seputar yang utama tadi dengan warna putih dan strip warna yang sesuai dengan pasangannya.

Konektor dan pemasangannya

Pada ujung-ujung kabel CAT 5 ini dipasangkan konektor yang dikenal sebagai konektor RJ-45 (RJ dari kata 'Registered Jack'). Konektor RJ-45 ini mirip dengan konektor pada kabel telepon (RJ-11). Bila pada kabel telepon menggunakan tiga pasang kawat, maka kabel network ini empat pasang. Untuk memudahkan memilah-milah kabel di masa datang, konektor RJ-45 dipasangkan pada kabel CAT 5 dengan aturan tersendiri. Untuk melihat urutan kawat-kawat yang dipasang pada konektor RJ-45, anda harus melihatnya dengan memegang 'klip' konektor ini di bagian bawah, agar 'lubang'-nya (tempat memasukkan kabel) menghadap Anda. Ada dua macam pemasangan, yang menghasilkan 'Ujung A' (End A) dan 'Ujung B’ (End B). Urutan pemasangan kawat pada konektor yang dikenal sebagai End A dan End B ini pada masing masing pada dasarnya adalah standar EIA568A dan EIA568B. Kabel CAT 5 yang kedua ujungnya adalah Ujung A disebut sebagai straight-through cable (kabel langsung), sedangkan bila yang satu Ujung A dan yang lainnya Ujung B dinamakan cross-over cable (kabel silang).

Pemakaian dalam LAN

Apabila anda menghubungkan dua komputer langsung (pada masing-masing terpasang Ethernet card) dengan kabel network, maka anda memerlukan crossover cable. Hubungan computer dengan hub memerlukan straight through cable. Sebenarnya pada kabel CAT 5 tidak semua kawat terpakai. Hanya kawat yang terhubung pada pin nomor 1, 2, 3, dan 6 yang terpakai, sedangkan kawat yang terhubung pada pin nomor 4, 5, 7, dan 8 tidak terpakai. Pin TX (transmitter) harus terhubung dengan pin RX (receiver) dengan tanda yang sama, plus ke plus dan minus ke minus.

Peralatan untuk Menyiapkan Kabel

Walaupun tidak bermaksud menyiapkan kabel sendiri, ada baiknya anda mengenal peralatan apa yang digunakan oleh toko komputer. Pertama adalah alat untuk memotong kabel dari rolnya, yaitu Diagonal Cutter (4" sampai 6"), kedua adalah alat untuk mengupas kabel yaitu Universal UTP Stripping Tool, dan terakhir adalah untuk memasangkan konektor RJ-45 pada kabel CAT 5, yaitu Modular Plug Crimp Tool.


0 Response to Mengenal Kabel Network

Posting Komentar